Sabtu, 12 Oktober 2013

Cara Mengatasi Insomnia

Cara Mengatasi Insomnia – Insomnia merupakan gejala atau kelainan dalam kesulitan untuk tidur yang biasanya diikuti dengan gangguan fungsional ketika terbangun. Insomnia pada umumnya disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat masalah secara psikologis. Biasanya hal ini akan mengganggu penderita, karena kesulitan untuk tidur di malam hari. Banyak penderita insomnia yang ketergantungan pada obat tidur atau zat penenang lainnya untuk dapat beristirahat. Namun hal tersebut justru berpotensi untuk menyebabkan ketergantungan psikologis berupa anggapana bahwa mereka tidak dapat tertidur jika tanpa mengkonsumsi obat-obatan tersebut. Jika hal tersebut tidak diatasi sejak dini, akan memperparah kesehatan dan harus ditangani dengan bantuan terapi psikologis.
Namun masih ada beberapa Cara Mengatasi Insomnia tanpa obat yang bisa diterapkan sejak dini agar tidak menjadi kebiasaan dan mengurangi penyakit insomnia tersebut. Sebelumnya, insomnia itu sendiri dapat dipengaruhi karena beberapa hal, seperti:
  • Pemakain obat-obatan
  • Adanya kelainan emosional
  • Adanya kelainan fisik
  • Disebabkan karena kondisi kejiwaan
  • Menahan rasa kantuk yang berulang-ulang, sehingga menjadi kebiasaan
  • Merasa tidak nyaman dengan kondisi lingkungan sekitarnya
cara mengatasi insomnia

Cara Mengatasi Insomnia

Beberapa penyebab insomnia seperti diatas, dapat dicegah dengan melakukan beberapa solusi mengatasi insomnia tanpa obat yang dapat anda terapkan setiap hari agar menjadi kebiasaan yang baik dan membantu memulihkan anda dari penyakit insomnia tersebut. Beberapa tips ampuh mengatasi insomnia yang bisa diterapkan adalah seperti berikut:
Tidak Mengkonsumsi Kafein
Kandungan kafein yang terdapat pada kopi, cokelat atau teh dapat menyebabkan anda terjaga di malam hari. Usahakan untuk tidak mengkonsumsi kafein di sore atau malam hari, sebab tubuh membutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk memulihkan dari kandungan kafein tersebut.
Tidak Melakukan Aktivitas di Atas Tempat Tidur
Tempat tidur anda tentu merupakan tempat anda untuk beristirahat. Usahakan untuk tidak melakukan aktivitas lainnya diatas tempat tidur, seperti menonton televisi atau bahkan melakukan pekerjaan. Sebab jika terbiasa, hal tersebut akan mengontrol otak bawah sadar anda dan mengganggu waktu istirahat anda.
Mandi Dengan Air Hangat
Mandi dengan air hangat terbukti dapat membuat tubuh merasa lebih nyaman, terlebih lagi jika anda telah lelah seharian bekerja. Mandi dengan air hangat juga dapat menurunkan otot-otot yang tegang, sehingga menjadi lebih rileks dan nyaman untuk tidur.
Membaca Buku
Cara ini juga bisa digunakan sebagai alternatif agar membuat anda mengantuk. Dengan membaca buku secara berulang-ulang akan membuat anda lelah, bosan dan akhirnya mengantuk.
Hindari Olahraga Berat Sebelum Tidur
Melakukan olahraga berat sebelum tidur bukannya akan membuat anda lelah lalu tertidur, justru membuat anda lebih fit dan akan terjaga sepanjang malam. Anda bisa menggantinya dengan membereskan kamar agar merasa lelah dan mengantuk.
Buat Suasana Kamar Senyaman Mungkin
Dengan memiliki kamar yang nyaman dan bersih dapat membantu anda untuk tertidur dengan nyaman pula. Usahakan agar tempat tidur anda terhindar dari barang-barang yang tidak diperlukan, agar tidur andapun tidak terganggu.
Hindari Cahaya Televisi, Komputer dan Gadget
Cahaya televisi, komputer serta layar gadget justru membuat mata anda tetap terjaga. Usahakan untuk tidak menyalakan televisi ketika waktunya tidur, dan tidak terjaga didepan komputer atau gadget untuk browser atau bersosial media seperti yang banyak dilakukan remaja saat ini.
Beberapa tips Cara Mengatasi Insomnia seperti diatas dapat dipraktekkan setiap hari agar menjadi kebiasaan yang baik, dan menghindari anda dari insomnia serta tidak ketergantungan dari obat-obatan penenang lainnya.


Hal lain yang perlu anda ketahui juga adalah untuk menghindari stress, sebab tubuh tidak akan nyaman ketika tertidur saat sedang mengalami stress. Usahakan untuk menyelesaikan masalah anda sebelum waktunya tidur, untuk menghindari anda terjaga di malam hari. Semoga ulasan Cara Mengatasi Insomnia seperti diatas dapat bermanfaat bagi anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Fantastic.. © 2008 Template by:
SkinCorner